Contoh RPP Bahasa Indonesia kelas VII semester ganjil

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah            : SMP Islam Plus Karya Adi Husada

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia 

Kelas/Semester     : VII / 1 (Ganjil)

Alokasi Waktu      : 120 Menit

Materi Pokok   : Teks Deskripsi

Kompetensi Dasar   : 3.1, 4.1 dan 3.2, 4.2

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)

·         Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi

·         Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi

·         Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan

·         Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi

 

Media

Alat / Bahan

v   

Worksheet atau lembar kerja (siswa)

v   

Penggaris, spidol, papan tulis

v   

Lembar penilaian

v   

Laptop & infocus

v   

LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt)

v   

Internet : http://www.ilmuguru.org

Sumber Belajar : Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016

 

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Ke-2

Pendahuluan (15 Menit)

1.

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

2.

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

3.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Isi Teks Deskriptif.

4.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

 

Kegiatan Inti

(90 Menit)

KEGIATAN LITERASI

·         Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi Teks Deskriptif.

 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

·         Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi Teks Deskriptif.

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

·         Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi Teks Deskriptif.

 

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi Teks Deskriptif. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup (15 Menit)

1.

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

2.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

 

C.     PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

§  Penilaian Pengetahuan:berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan

§  Penilaian Keterampilan:berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio

 

Komentar