Contoh RPP Bahasa Indonesia kelas VII semester ganjil
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Islam Plus Karya Adi Husada Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester : VII / 1
(Ganjil) Alokasi Waktu : 120 Menit |
Materi Pokok : Teks Deskripsi |
Kompetensi
Dasar : 3.1, 4.1 dan 3.2, 4.2 |
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Memetakan
isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
·
Menjawab
pertanyaan isi teks deskripsi
·
Merinci
bagian-bagian struktur teks deskripsi
·
Menentukan
bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
·
Menentukan
variasi pola pengembangan teks deskripsi
Media |
Alat / Bahan |
||
v |
Worksheet atau lembar kerja (siswa) |
v |
Penggaris,
spidol, papan tulis |
v |
Lembar penilaian |
v |
Laptop &
infocus |
v |
LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt) |
v
|
Internet : http://www.ilmuguru.org |
Sumber Belajar : Buku
Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016 |
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-2 |
||
Pendahuluan
(15 Menit) |
||
1. |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
2. |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan
pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
|
3. |
Menyampaikan
motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan
mempelajari materi : Isi Teks
Deskriptif.
|
|
4. |
Menjelaskan
hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode
belajar yang akan ditempuh, |
|
|
||
Kegiatan Inti (90 Menit) |
KEGIATAN LITERASI |
|
·
Peserta didik diberi motivasi dan
panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka
diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi Teks Deskriptif. |
||
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
·
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi Teks Deskriptif. |
||
COLLABORATION
(KERJASAMA) |
||
·
Peserta didik dibentuk dalam beberapa
kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang,
dan saling bertukar informasi mengenai Isi Teks Deskriptif. |
||
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau
individu yang mempresentasikan |
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
||
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi Teks Deskriptif. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk
menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
||
Penutup
(15 Menit) |
||
1. |
Peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
2. |
Guru membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
C.
PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
§
Penilaian
Pengetahuan:berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis
uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta
penugasan
§ Penilaian Keterampilan:berupa
penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian
portofolio
Komentar
Posting Komentar