Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7
Silabus
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil&
Genap
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
Kompetensi
Inti:
·
KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya
diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai
dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pemebelajaran |
Indikator |
Nilai Karakter |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Penilaian |
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan
memotivasi) yang didengar dan dibaca. |
· Pengertian
teks berita · Unsur-unsur
berita (5
W + 1H) ·
Ringkasan dan penyimpulan berita. ·
Langkah-langkah menyimpulkan
pokok-pokok berita. ·
Tanggapan terhadap isi berita. |
·
Memahami pengertian teks berita ·
Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar
dan dibaca. · Menjelaskan
langkah-langkah menentukan pokok-pokok/unsur-unsur berita |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mengamati
teks berita, baik yang diperdengarkan atau ditayangkan. · Mendiskusikan
hasil membaca untuk memeroleh pemahaman tentang unsur-unsur berita · Mendiskusikan
langkah-langkah menentukan pokok-pokok/unsur-unsur berita · Merumuskan
ringkasan/kesimpulan unsur-unsur teks berita yang dibaca ·
Menanggapi berita |
24 JP |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.1 Menyimpulkan
isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar. |
·
Merumuskan ringkasan/kesimpulan
unsur-unsur teks berita yang dibaca · Menanggapi
isi berita yang didengar atau dibaca |
||||||
3.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca berita |
·
Struktur teks berita -
Kepala berita (lead) -
Tubuh berita -
Ekor berita ·
Kaidah-kaidah kebahasaan teks berita. ·
Bahasa baku dan tidak baku (pengayaan) |
·
Menganalisis struktur teks berita yang
digunakan dalam menulis bagian-bagian
teks berita · Menganalisis
kaidah kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi
temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan
dalam menulis bagian-bagian teks
berita |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Membaca berbagai sumber untuk memahami struktur teks berita, kaidah
kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi
temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan
dalam menulis bagian-bagian teks
berita · Mendata
objek dari berbagai sumber tentag berita, bahan, dan cara/langkah-langkah
kegiatan yang disusun menjadi teks
berita · Menulis
teks berita dengan memperhatikan unsur-unsur berita dan pola penyajiannya · Membacakan
teks berita yang ditulis |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
|
4.2
Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan
struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik,
kinesik). |
·
Mengumpulkan data objek dari berbagai
sumber tentag berita, bahan, dan cara/langkah-langkah kegiatan yang disusun menjadi teks berita ·
Menuliskan teks berita dengan
memperhatikan unsur-unsur berita dan polapenyajiannya · Membacakan
teks berita yang ditulis |
||||||
3.3 Mengidentifikasi
informasi teks iklan, slogan, atau poster
(yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar. |
· Pengertian
dan Teks iklan, slogan, poster · Unsur-unsur
teks Iklan, slogan, poster · Penyimpulan
maksud suatu iklan. · Menceritakan
kembali iklan. |
·
Memahami pengertian teks iklan,
slogan, poster ·
Mengidentifikasi isi dan unsur–unsur
yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster · Membedakan
unsur-unsur iklan, slogan, dan poster |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mendata
informasi isi dan unsur–unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster · Menelaah
dan membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster · Mendiskuskan
simpulan isi teks iklan, slogan, atau poster · Mempresentasikan
isi teks iklan, slogan, atau poster |
24 JP |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.3 Menyimpulkan
isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai
sumber |
·
Menyimpulkan isi teks iklan, slogan,
atau poster · Mempresentasikan
isi teks iklan, slogan, atau poster |
||||||
3.4 Menelaah
pola penyajian dan kebahasaan teks
iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar |
· Unsur-unsur
iklan, slogan, dan poster. · Cara
menyusun teks iklan, slogan, poster |
·
Menjelaskan ciri-ciri atau komponen
dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster berdasarkan teks iklan, slogan, atau poster yang
dibaca/didengar/ disaksikan ·
Menganalisis langkah-langkah penulisan
iklan, slogan atau poster · Merumuskan
konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan
penulisan slogan dan/poster |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mendiskusikan
ciri-ciri atau komponen dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster
berdasarkan teks iklan, slogan, atau
poster yang dibaca/didengar/ disaksikan · Menganalisis
langkah-langkah penulisan iklan, slogan atau poster · Merumuskan
konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan
penulisan slogan dan/poster · Menulis
iklan, slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan · Mempresentasikan
iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
|
4.4 Menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan,
slogan, atau poster secara lisan
dan tulis. |
·
Menulis iklan, slogan, atau poster
berdasarkan konteks yang telah dirumuskan · Mempresentasikan
iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi |
||||||
3.5 Mengidentifikasi
informasi teks eksposisi berupa
artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang didengar dan dibaca yang
didengar dan dibaca. |
Pengertian
teks eksposisi · Unsur-unsur
teks eksposisi: gagasan dan fakta-fakta. · Pola-pola
pengembangan teks eksposisi · Simpulan
teks eksposisi berdasarkan gagasan utamanya. · Jenis-jenis
paragraf dalam teks eksposisi. |
·
Merumuskan pengertian teks eksposisi. ·
Merumuskan unsur-unsur teks eksposisi
yang meliputi gagasan dan fakta dan pola pengembangannya ·
Menganalisis jenis-jenis paragraf
dalam teks eksposisi. · Menganalisis
hubungan bagian-bagian struktur dan kebahasaan teks eksposisi. |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mengamati
teks eksposisi untuk merumuskan pengertiannya. · Mendata dan merumuskan unsur-unsur teks eksposisi
yang meliputi gagasan dan fakta dan pola pengembangannya · Mengakaji hubungan bagian-bagian struktur dan
kebahasaan teks eksposisi. · Menelaah
dan informasi isi teks sesuai dengan bagian-bagian teks eksposisi · Menyimpulkan
isi teks eksposisi hasil diskusi |
30 JP |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.5 Menyimpulkan
isi teks eksposisi (artikel ilmiah
populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca. |
·
Menganalisis informasi isi teks sesuai
dengan bagian-bagian teks eksposisi · Menyimpulkan
isi teks eksposisi hasil diskusi |
||||||
3.6 Menelaah
isi dan struktur teks eksposisi
(berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau
dibaca |
Struktur teks eksposisi · Kaidah teks ekposisi · Langkah-langkah
menyusun teks eksposisi. · Menyan-ting
teks eksposisi. |
·
Menganalisis struktur dan penggunaan
kaidah bahasa teks ekspoisi · Menganalisis
isi teks eksposisi (berupa artikel
ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mendiskusikan
struktur dan penggunaan kaidah bahasa teks ekspoisi · Menyusun
kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur, kaidah bahasa, ciri kebahasaan, dan pola pengembangan
kebahasaan berdasarkan objek yang akan
ditulis · Menulis
teks ekposisi · Mempresentasikan teks eksposisi |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
|
4.6 Menyajikan
gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan |
·
Menyusun kerangka teks ekspoisi
berdasarkan struktur, kaidah bahasa, ciri
kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan objek yang akan ditulis ·
Menulis teks ekposisi · Mempresentasikan teks eksposisi |
||||||
3.7 Mengidentifikasi
unsur-unsur pembangun teks puisi yang
diperdengarkan atau dibaca. |
Pengertian
teks puisi · Unsur-unsur
pembentuk teks puisi · Simpulan
isi, unsur-unsur pembangun teks puisi, dan jenis-jenisnya. · Periodesasi
puisi (Pengayaan) |
·
Merumuskan pengertian teks puisi
melalui pengamatan model-model teks puisi. ·
Menelaah isi teks puisi yang dibaca. ·
Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun
puisi dan jenis-jenisnya. · |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mengamati
model-model teks puisi. · Merumuskan
pengertiaan puisi. · Mendiskusikan
isi teks puisi yang dibaca. · Mendiskusikan
unsur-unsur pembangun puisi dan jenis-jenisnya. · Mempresentasikan
hasil diskusi |
24 JP |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.7 Menyimpulkan
unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi
yang diperdengarkan atau dibaca |
·
Membuat kesimpulan tentang makna dan
unsur-unsur pembangun teks puisi · Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dibuat |
||||||
3.8
Menelaah unsur-unsur
pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca. |
Unsur lahir
(bentuk) dan batin (makna) puisi. · Pengungkapan
gagasan, perasaan, pandangan penulis · Pembacaan
puisi (ekspresi, lafal, tekanan, intonasi) |
·
Merumuskan unsur-unsur pembentuk teks
puisi · Mengidentifikasi
isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi) dalam teks puisi |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Merumuskan
unsur-unsur pembentuk teks puisi · Mengidentifikasi
isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi) dalam teks puisi · Menulis
puisi berdasarkan konteks · Membacakan
puisi yang ditulis dan menanggapinyai |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
|
4.8 Menyajikan
gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/ lisan dengan memperhatikan
unsur-unsur pembangun puisi |
·
Menulis puisi berdasarkan konteks ·
Membacakan puisi yang ditulis dan
menanggapinyai · Menyajikan
gagasan, perasaan dan pandangan penulis melalui puisi yang dibacakan |
||||||
3.9
Mengidentifikasi informasi dari teks
ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan
atau dibaca |
Pengertian teks eksplanasi · Ciri-ciri
teks eksplanasi berdasar-kan pola/ struktur teks eksplanasi · Gagasan
umum dalam teks eksplanasi. · Langkah-langkah meringkas isi teks eksplanasi berdasar-kan
gagasan umumnya |
·
Merumuskan pengertian teks eksplanasi
melalui pengamatan model. ·
Menyimpulkan ciri-ciri berdasarkan pola/struktur teks
eksplanasi ·
Mengidentifikasi gagasan umum dalam
teks eksplanasi. · Menjelaskan
langkah-langkah meringkas isi teks
eksplanasi berdasar-kan gagasan umumnya |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mengamati
suatu model teks eksplanasi. · Menyimpulkan
pengertian, ciri-ciri berdasarkan pola/struktur teks eksplanasi · Mendata
gagasan umum dam teks eksplanasi. · Meringkas
isi teks ekplanasi · Memajang
ringkasan teks eksplanasi. |
24 JP |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.9 Meringkas isi
teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam
sumber yang didengar dan dibaca
. |
·
Meringkas isi teks ekplanasi · Memajang
ringkasan teks eksplanasi. |
||||||
3.10
Menelaah teks eksplanasi berupa
paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca. |
Ragam isi teks eksplanasi · Struktur
teks eksplanasi · Kaidah
teks eksplanasi. · Pola-pola
pengembangan teks eksplanasi. |
·
Mengidentifikasi ragam isi teks
eksplanasi ·
Mengidentifikasi isi, struktur, dan
kaidah teks eksplanasi. · Mengidentifikasi
pola-pola pengembangan teks eksplanasi |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mengamati
model-model teks eksplanasi. · Mendata
isi, struktur, dan kaidah teks eksplanasi. · Mendata
peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan peserta didik tinggal sebagai
bahan menulis teks eksplanasi. · Menulis
teks eksplanasi sesuai dengan kerangka/pola
yang telah dirancang. · Memajang
teks eksplanasi yang disusun dan ringkaannya |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
|
4.10
Menyajikan informasi, data dalam
bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan
tulis dengan memperhatikan
struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan |
·
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa
yang terjadi di lingkungan peserta didik tinggal sebagai bahan menulis teks
eksplanasi. ·
Merancang pola untuk menulis teks
eksplanasi ·
Menulis teks eksplanasi sesuai dengan
kerangka/pola yang telah dirancang. · Memajang
teks eksplanasi yang disusun dan ringkaannya |
||||||
3.11
Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan |
· Pengertian
teks ulasan · Macam-macam
teks ulasan berdasar-kan isinya · Maksud/
arti penting teks ulasan · Kelebihan/
kelemahan dalam teks ulasan. |
·
Merumuskan pengertian teks ulasan melalui
pengamatan model ·
Mengidentifikasi macam-macam isi teks ulasan. · Mengidentifikasi
maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mengamati
suatu model teks ulasan. · Berdiskusi
tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan. · Mendiskusikan
maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan · Menuliskan
informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada
teks ulasan. · Membacakan
kelebihan produk, karya, benda pada teks ulasan yang diidentifasi |
30 JP |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.11
Menceritakan kembali isi teks ulasan
tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang
dibaca atau didengar. |
·
Menuliskan informasi berupa pernyataan
kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada teks ulasan. · Membacakan
kelebihan produk, karya, benda pada teks ulasan yang diidentifikasi |
||||||
3.12
Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen,
puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca |
Struktur teks ulasan: 1. orientasi 2. tafsiran 3. rangkuman 4.
evaluasi · Kaidah
kebahasa-an teks ulasan. · Cara
menulis teks ulasan |
·
Menganalisis struktur dan kebahasaan
teks ulasan ·
Menganalisis isi teks ulasan produk,
karya, atau benda. ·
Menjelaskan cara menulis teks ulasan · Mengidentifikasi
keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu
sebagai bahan menulis teks ulasan. |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mendiskusikan
struktur, bahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda. · Mendata
keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu
sebagai bahan menulis teks ulasan. · Menulis
teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa, dan data produk, karya, atau benda. · Memajang
teks ulasan untuk dikomentari peserta didk lain (perorangan/kelompok) |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
|
4.12 Menyajikan
tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni
daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan
secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan |
·
Menulis teks ulasan dengan
memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa,
dan data produk, karya, atau benda. · Memajang
teks ulasan untuk dikomentari peserta didk lain (perorangan/kelompok) |
||||||
3.13
Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan
tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar
dan dibaca. |
· Pengertian
dan isi teks persuasi. · Ajakan-ajakan
dalam teks persuasi. • Langkah-langkah penyusunan kesimpulan. |
·
Merumuskan pengertian teks persuasi ·
Mengidentifikasi ajakan-ajakan dalam
teks persuasi ·
Merumuskan informasi yang terdapat
pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks persuasi · Menyimpulkan
cara menyajikan informasi isi teks persuasi |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mengamati
model-model teks persuasi. · Berdiskusi
tentang informasi pada teks persuasi yang didengarkan/ dibaca dan cara
menyajikan ulang isinya · Merumuskan
informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks
persuasi · Menyimpulkan
cara menyajikan informasi isi teks persuasi |
30 JP |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan
tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar
dan dibaca. |
· Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan
tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar
dan dibaca |
||||||
3.
14 Menelaah struktur dan kebahasaan
teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai
permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca |
· Struktur
dan unsur kebahasaan teks persuasi · Menggunakaan
konjungsi supaya dan selagi (pengayaan) · Cara
menyajikan teks persuasi · Penyiapan
bujukan/ ajakan. · Memper-hatikan
struktur/ kaidah teks ulasan |
·
Mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi ·
Mengidentifikasi permasalahan aktual
yang perlu diangkat untuk diberi masukan sebagai bahan menulis teks persuasi · Menjelaskan
cara menyusun teks persuasi tentang masalah aktual tertentu dengan
memperhatikan gagasan utama, alasan dan bukti, saran, arahan, atau ajakan,
serta unsur kebahasaan yang digunakan |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mendiskusikan
struktur, kebahasaan, dan isi teks persuasi · Mendata
permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk diberi masukan sebagai bahan
menulis teks persuasi · Mendiskusikan
cara menyusun teks persuasi tentang masalah aktual tertentu dengan
memperhatikan gagasan utama, alasan dan bukti, saran, arahan, atau ajakan,
serta unsur kebahasaan yang digunakan · Menulis
teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks
persuasi · Mempresentasikan
teks persuasi yang ditulis |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
|
4.14
Menyajikan teks persuasi (saran,
ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
struktur, kebahasaan, atau aspek lisan |
·
Menulis teks persuasi dengan
memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi · Mempresentasikan
teks persuasi yang ditulis |
||||||
3.15
Mengidentifikasi unsur-unsur drama (tradisional dan moderen) yang
disajikan dalam bentuk pentas atau naskah. |
· Pengertian/karakteristik teks drama · Unsur-unsur teks drama · Penjelasan
isi drama · Tanggapan
atas drama |
·
Merumuskan pengertian teks drama
melalui pengamatan model ·
Mengidentifikasi karakteristik teks drama ·
Mengidentifikasi unsur-unsur drama · Mengidentifikasi
isi drama |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Memperhatikan
suatu model teks drama · Merumuskan
pengertian/karakteristik drama. · Mendiskusikan
unsur-unsur dan isi drama · Mengidentifikasi
isi drama · Menanggapi
dan melaporkan secara lisan dan atau tulis isi drama yang ditonton |
24 JP |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.15 Menginterprestasi
drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar |
·
Menganalisis unsur dan isi drama yang
ditonton · Menanggapi
dan melaporkan secara lisan dan atau tulis isi drama yang ditonton |
||||||
3.16
Menelaah karakteristik unsur dan
kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas. |
· Karakteristik
teks drama berdasarkan struktur dan kaidahnya. · Cara
menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal. · Langkah-langkah
pementas-an drama |
·
Mengidentifikasi karakteristik teks
drama berdasarkan struktur dan kaidahnya ·
Menjelaskan cara menulis teks drama
dan penyajiannya · Memahami
langkah-langkah pementasan drama |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mendiskusikan
karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama · Mendiskusikan
cara menulis teks drama dan penyajiannya · Menulis
teks drama · Mementaskan
drama secara berkelompok |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
|
4.16
Menyajikan drama dalam bentuk pentas
atau naskah |
·
Menulis teks drama · Mementaskan
drama secara berkelompok |
||||||
3.17
Menggali dan menemukan informasi dari
buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca |
· Keragaman
informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi. · Informasi
buku melalui indeks. · Catatan
tentang isi buku. · Teknik-teknik
membaca. |
·
Mengidentifikasi informasi buku
melalui indeks ·
Mengidentifikasi informasi dalam buku
fiksi dan non fiksi ·
Mengidentifikasi peta konsep alur
dalam buku fiksi dan non fiksi · Memahami
teknik-teknik membaca buku fiksi dan non-fiksi |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mendiskusikan
informasi dan peta konsep alur dalam buku fiksi dan non fiksi · Membuat
peta konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi · Mempresentasikan
informasi peta konsep alur buku fiksi dan nonfiksi |
30 JP |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.17
Membuat peta konsep/ garis alur dari
buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca |
·
Membuat peta konsep alur dari buku
fiksi dan nonfiksi · Mempresentasikan
informasi peta konsep alur buku fiksi dan nonfiksi |
||||||
3.18 Menelaah
unsur buku fiksi dan nonfiksi yang
dibaca |
· Ungkapan
dalam buku fiksi. · Unsur-unsur
menarik dalam buku fiksi. · Daya
tarik bacaan · Mendiskusikan
isi buku. |
·
Mengidentifikasi ungkapan dalam buku
fiksi dan nonfiksi ·
Mengidentifikasi unsur-unsur menarik
dalam buku fiksi dan nonfiksi · Mengidentifikasi
unsur kebahasaan dalam buku fiksi dan nonfiksi |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mendiskusikan
unsur kebahasaan dalam buku fiksi. · Membuat
tanggapan terhadap buku fiksi. · Menyajikanan
tanggapan terhadap buku fiksi. · Memberikan komentar terhadap tanggapan terhadap buku
fiksi. |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016.
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
|
4.18 Menyajikan
tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/ tertulis |
·
Membuat tanggapan terhadap buku fiksi. ·
Menyajikanan tanggapan terhadap buku
fiksi. · Memberikan komentar terhadap tanggapan terhadap buku
fiksi. |
Komentar
Posting Komentar