Silabus Bahsa Indonesia Kelas IX
Silabus
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan
Pendidikan : SMP / MTs
Kelas
/ Semester : IX / Ganjil&
Genap
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
Kompetensi
Inti:
·
KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya
diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai
dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pemebelajaran |
Indikator |
Nilai Karakter |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Penilaian |
3.1
Mengidentifikasi informasi dari
laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk
mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) |
· Fungsi
teks laporan · Pengertian
teks laporan · Model
teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) · Simpulan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/ atau dibaca |
· Menjelaskan
isi informasi laporan percobaan · Mengidentifikasi
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian) · Mengidentifikasi
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan · Mengidentifikasi
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
·
Menjelaskan isi informasi laporan
percobaan ·
Membaca dan menyimpulkan ragam model
teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian) ·
Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/
kalimat, tanda baca/ ejaan ·
Menyampaikan isi informasi tentang struktur dan ciri
kebahasaan teks laporan |
36 JP |
·
Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX,
Kemendikbud, Tahun 2016 ·
Buku refensi yang relevan, ·
Lingkungan setempat |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.1
Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca |
· Menyimpulkan
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian) · Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan · Menyampaikan
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan |
||||||
3.2
Menelaah struktur dan kebahasaan dari
teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk
mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) |
· Struktur
teks laporan. · Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan. · Model
teks laporan percobaan. |
· Mengidentifikasi
struktur dan ciri kebahasaan teks laporan · Mengidentifikasi
komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi) · Memahami
struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan · Menganalisis
kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat |
·
Meyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan teks laporan ·
Mendiskusikan komponen teks laporan
(pernyataan umum/klasifikasi) ·
Menerapkan pemahaman struktur teks
laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan ·
Menyajikan kompetensi teks laporan
percobaan secara jujur dan cermat |
||||
4.2
Menyajikan tujuan, bahan/ alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan
memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan |
· Menerapkan
pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan
percobaan ·
Menyajikan kompetensi teks laporan
percobaan secara jujur dan cermat |
||||||
3.3
Mengidentifikasi gagasan,
pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca |
· Teks
pidato persuasif · Simpulan
gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato |
·
Mengidentifikasi gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dalam pidato ·
Menjelaskan gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu · Menganalisis
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
·
Mendata gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau
pesan dalam pidato ·
Menjelaskan gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu ·
Menyimpulkan gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dalam pidato |
24 JP |
·
Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX,
Kemendikbud, Tahun 2016 ·
Buku refensi yang relevan, ·
Lingkungan setempat |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.3
Menyimpulkan gagasan, pandangan,
arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca |
·
Menyimpulkan gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dalam pidato |
||||||
3.4
Menelaah struktur dan ciri kebahasaan
pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca |
· Struktur
teks (pidato persuasif) · Ciri-ciri
kebahasaan teks pidato:kalimat aktif,
kata tugas, kosakata emotif,
kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan. · Model
teks pidato persuasif |
·
Menyimpulkan struktur teks pidato
persuasif ·
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks
pidato persuasif · Menelaah teks
pidato persuasif |
·
Menyimpulkan struktur teks pidato
persuasif ·
Menyimpulkan ciri kebahasaan teks
pidato persuasif ·
Menyusun teks
pidato persuasif ·
Menyajika pidato persuasif secara
menarik |
||||
4.4
Menuangkan gagasan, pikiran, arahan
atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan
kebahasaan. |
·
Menyusun teks
pidato persuasif ·
Menyajikan pidato persuasif secara
menarik |
||||||
3.5
Mengidentifikasi unsur pembangun
karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar |
· Unsur
pembangun karya sastra (cerpen) · Model
teks narasi (cerpen.) |
·
Mengidentifikasi unsur pembangun karya
sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar ·
Menganalisis unsur-unsur pembangun
karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek · Menjelaskan
unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek yang dibaca atau didengar |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
·
Mendata unsur pembangun karya sastra
dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar ·
Menjelaskan unsur-unsur pembangun
karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek ·
Menyimpulkan unsur-unsur pembangun
karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek yang dibaca atau didengar |
24 JP |
·
Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX,
Kemendikbud, Tahun 2016 ·
Buku refensi yang relevan, ·
Lingkungan setempat |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.5
Menyimpulkan unsur-unsur pembangun
karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau
didengar |
·
Menyimpulkan unsur-unsur pembangun
karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek yang dibaca atau didengar |
||||||
3.6
Menelaah struktur dan aspek
kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar |
· Struktur
teks narasi (cerpen) · Ciri-ciri
kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas. · Model
teks narasi cerpen. |
·
Menjelaskan struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang
dibaca atau didengar ·
Menjelaskan model teks narasi cerpen · Menjelaskan
kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan |
·
Menjelaskan struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang
dibaca atau didengar ·
Menyusun kerangka cerita pendek
berdasarkan pengalaman atau gagasan ·
Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka
dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan |
||||
4.6
Mengungkapkan pengalaman dan
gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan
kebahasaan |
·
Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan
pengalaman atau gagasan · Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka
dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan |
||||||
3.7
Mengidentifikasi informasi berupa
kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca |
· Fungsi
teks tanggapan · Model
teks tanggapan · Simpulan
isi teks tanggapan berupa kritik atau pujian |
·
Mengidentifikasi informasi berupa
kritik atau pujian dari teks tanggapan
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang
didengar dan/atau dibaca ·
Memahami isi informasi dengan alasan yang logis
disertai bukti pendukung (hasil penelitian, data nasinal, dll) · Menjelaskan
informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu. |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
·
Mendata informasi berupa kritik atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau
dibaca ·
Menanggapi isi informasi dengan alasan yang logis
disertai bukti pendukung (hasil penelitian, data nasinal, dll) ·
Menyimpulkan informasi tentang teks
tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu. |
42 JP |
·
Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX,
Kemendikbud, Tahun 2016 ·
Buku refensi yang relevan, ·
Lingkungan setempat |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.7
Menyimpulkan isi teks tanggapan
berupa kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca |
·
Menyimpulkan informasi tentang teks
tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu. |
||||||
3.8
Menelaah struktur dan kebahasaan dari
teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya,
dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca |
· Struktur
teks tanggapan · Ciri-ciri
kebahasaan teks tanggapan : kalimat
aktif, kata tugas, bahasa deskripsi, bahasa penilaian. · Model
teks tanggapan (puji, kritik) |
·
Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan
teks tanggapan ·
Menelaah model teks tanggapan · Menjelaskan
model teks tanggapan |
·
Menyimpulkan struktur dan ciri
kebahasaan teks tanggapan ·
Merancang teks tanggapan ·
Menulis teks tanggapan (puji, kritik) |
||||
4.8
Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau
pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan |
·
Merancang teks tanggapan ·
Menulis teks tanggapan (puji, kritik) |
||||||
3.9
Mengidentifikasi informasi teks
diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca
dan didengar |
· Fungi
teks diskusi · Contoh Teks Diskusi · Simpulan
isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra terhadap teks
diskusi |
·
Memahami fungsi teks diskusi ·
Mengidentifikasi informasi teks diskusi
berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan
didengar · Menjelaskan isi gagasan, pendapat, argumen yang
mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
·
Mendata informasi teks diskusi berupa
pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar ·
Menjelaskan dan menyimpulkan isi
gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas
permasalahan aktual dalam teks diskusi |
42 JP |
·
Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX,
Kemendikbud, Tahun 2016 ·
Buku refensi yang relevan, ·
Lingkungan setempat |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4
.9 Menyimpulkan isi gagasan, pendapat,
argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual
dalam teks diskusi yang didengar dan dibaca |
· Menyimpulkan
isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi
atas permasalahan aktual dalam teks
diskusi |
||||||
3.10
Menelaah pendapat dan argumen
yang mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi berkaitan dengan
permasalahan aktual yang dibaca dan didengar |
· Struktur
teks diskusi: Pendahuluan; Gagasan
utama; Alasan
dan bukti pendukung, satu sudut pandang; Gagasan
utama—sudut pandang lain; Alasan
dan bukti pendukung, sudut pandang lain; ·
Kebahasaan: Piranti
kohesi dan koherensi, kata tugas, modalitas, kosakata evaluatif, kosakata
emotif |
·
Mengidentifikasi struktur dan ciri
kebahasaan teks diskusi. ·
Menelaah struktur dan ciri kebahasaan
teks diskusi · Menjelaskan
struktur dan ciri kebahasaan teks diskusi |
·
Menyimpulkan struktur dan ciri
kebahasaan teks diskusi. ·
Menulis teks diskusi berisi gagasan/
pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan
aktual dalam teks diskusi dengan
memperhatikan struktur dan aspek
kebahasaan ·
Melakukan diskusi berisi gagasan/ pendapat, argumen
yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual |
||||
4.10
Menyajikan gagasan/pendapat,
argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual
dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan, dan
aspek lisan (intonasi, gesture, pelafalan) |
·
Menulis teks diskusi berisi gagasan/
pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas
permasalahan aktual dalam teks diskusi
dengan memperhatikan struktur dan aspek
kebahasaan ·
Melakukan diskusi berisi gagasan/ pendapat, argumen
yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual |
||||||
3.11
Mengidentifikasi isi ungkapan
simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita
inspiratif yang dibaca dan didengar |
·
Fungsi teks narasi. · Model
teks narasi cerita inspiratif. · Simpulan
isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk
cerita inspiratif |
·
Mengidentifikasi isi ungkapan simpati,
kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca
dan didengar. ·
Menanggapi isi ungkapan simpati,
kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif dengan
alasan yang logis · Menjelaskan
isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam
bentuk cerita inspiratif |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
·
Mendata isi ungkapan simpati,
kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang
dibaca dan didengar. ·
Menanggapi isi ungkapan simpati,
kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif dengan
alasan yang logis ·
Menyimpulkan isi ungkapan simpati,
kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk cerita inspiratif |
30 JP |
·
Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX,
Kemendikbud, Tahun 2016 ·
Buku refensi yang relevan, ·
Lingkungan setempat |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.11
Menyimpulkan isi ungkapan
simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk cerita
inspiratif yang dibaca dan didengar |
·
Menyimpulkan isi ungkapan simpati,
kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk cerita inspiratif |
||||||
3.12
Menelaah struktur, kebahasaan,
dan isi teks cerita inspiratif |
· Struktur
teks narasi. · Ciri-ciri
kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas · Model
teks narasi cerita inspiratif. |
·
Menyimpulkan struktur dan
kebahasaan teks narasi cerita
inspiratif ·
Memahami rancangan cerita inspiratif
berisi ungkapan simpati, empati, kepedulian, dan perasaan · Memahami
model teks narasi cerita inspiratif |
·
Menyimpulkan struktur dan
kebahasaan teks narasi cerita
inspiratif ·
Membuat rancangan cerita inspiratif
berisi ungkapan simpati, empati, kepedulian, dan perasaan ·
Menulis cerita inspiratif berdasarkan rancangan dengan memperhatikan
struktur dan kebahasaan ·
Memublikasikan `hasil karya cerita
inspiratif |
||||
4.12
Mengungkapkan rasa simpati,
empati, kepedulian, dan perasaan dalam bentuk cerita inspiratif dengan
memperhatikan struktur cerita dan aspek kebahasaan |
·
Membuat rancangan cerita inspiratif berisi
ungkapan simpati, empati, kepedulian, dan perasaan ·
Menulis cerita inspiratif berdasarkan rancangan dengan memperhatikan
struktur dan kebahasaan ·
Memublikasikan hasil karya cerita
inspiratif |
||||||
3.13
Menggali informasi unsur-unsur
buku fiksi dan nonfiksi |
Literasi
buku fiksi dan nonfiksi · Unsur-unsur
buku · Cara
membaca buku dengan SQ3R · Cara
membuat rangkuman |
·
Mengidentifikasi sub-bab buku, garis
besar isi subbab, rincian isi buku ·
Menentukan tokoh, rentetan peristiwa
(alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita · Memahami
peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
·
Mendata sub-bab buku, garis besar isi
subbab, rincian isi buku ·
Menentukan tokoh, rentetan peristiwa
(alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita ·
Membuat peta isi cerita dalam buku
sesuai dengan kreativitas siswa |
36 JP |
·
Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX,
Kemendikbud, Tahun 2016 ·
Buku refensi yang relevan, ·
Lingkungan setempat |
•
Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.13
Membuat peta konsep/garis alur
dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca |
· Membuat
peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa |
||||||
3.14
Menelaah hubungan antara
unsur-unsur buku fiksi/nonfiksi yang dibaca |
· Hubungan
antarunsur buku · Contoh
penyusunan tanggapan · Langkah
menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca |
·
Mengidentifikasi bagian isi yang akan
ditanggapi, penggunaan bahasa, unsur
intrinsik cerita, dan bagian-bagian buku fiksi ·
Memahami langkah menyusun tanggapan
terhadap buku yang dibaca · Menjelaskan
langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca |
·
Mendata bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita,
dan bagian-bagian buku fiksi ·
Menyusun tanggapan dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur
pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat), kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya
bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan ·
Menyajikan komentar terhadap buku
fiksi yang dibaca ·
Memublikasikan komentar terhadap
buku yang dibaca |
||||
4.14
Menyajikan tanggapan terhadap
buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca |
·
Menyusun tanggapan dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur
pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat), kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya
bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan ·
Menyajikan komentar terhadap buku
fiksi yang dibaca ·
Memublikasikan komentar terhadap
buku yang dibaca |
||||||
3.15
Menemukan unsur-unsur dari buku
fiksi dan nonfiksi yang dibaca |
Literasi
buku fiksi dan nonfiksi · Unsur-unsur
buku · Cara
membaca buku dengan SQ3R · Cara
membuat rangkuman |
·
Mengidentifikasi sub-bab buku, garis
besar isi subbab, rincian isi buku ·
Menentukan tokoh, rentetan peristiwa
(alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita · Menjelaskan
cara membaca buku dengan SQ3R · Menjelaskan
cara membuat rangkuman |
·
Mendata sub-bab buku, garis besar isi
subbab, rincian isi buku ·
Menentukan tokoh, rentetan peristiwa
(alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita ·
Membuat peta isi cerita dalam buku
sesuai dengan kreativitas siswa |
||||
4.15
Membuat peta pikiran/ rangkuman
alur tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca |
· Membuat
peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa |
||||||
3.16
Menelaah hubungan unsur-unsur
dalam buku fiksi dan nonfiksi |
· Hubungan
antarunsur buku · Contoh
penyusunan tanggapan · Langkah
menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca |
·
Mengidentifikasi bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita,
dan bagian-bagian buku fiksi · Memahami
hubungan antarunsur buku · Memahami
langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca |
·
Mendata bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita,
dan bagian-bagian buku fiksi ·
Menyusun tanggapan dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur
pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat), kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya
bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan ·
Menyajikan komentar terhadap buku
fiksi yang dibaca ·
Memublikasikan komentar terhadap
buku yang dibaca |
||||
4.16
Menyajikan tanggapan terhadap isi
buku fiksi nonfiksi yang dibaca |
·
Menyusun tanggapan dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur
pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat), kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya
bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan ·
Menyajikan komentar terhadap buku
fiksi yang dibaca ·
Memublikasikan komentar terhadap
buku yang dibaca |
Komentar
Posting Komentar